5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Natal

Waktu kecil kita merindukan natal
Hadiah yang indah dan menawan

Sepenggal lirik di atas mengingatkan kita akan keindahan natal. Natal identik dengan liburan, natal identik dengan perayaan, dengan gemerlap lampu yang indah, pohon natal yang besar dan dihiasi berbagai pernak pernik, serta topi Santa Claus yang dapat ditemui di berbagai tempat. Ya, sewaktu kecil natal menjadi momen yang indah. Selain karena liburan, natal adalah momen mendapatkan hadiah, baju baru, barang baru, dan hal lainnya yang baru. Natal juga tentu menjadi saat dimana akhirnya gereja-gereja bisa penuh dengan jemaat yang tiba-tiba datang untuk ibadah. Begitulah kira-kira kemegahan natal dengan segala gemerlapnya.

 

Namun, natal sesungguhnya tidak berbicara tentang gemerlap. Natal adalah tentang peringatan kelahiran Juruselamat ke dalam dunia. 5 hal berikut ini harus kamu lakukan pada saat natal untuk mengingatkan kamu akan makna natal yang sesungguhnya dan membuat natal tahun ini lebih bermakna:

  1. Daripada baju yang baru, jauh lebih penting hati yang baru.
    Kamu bisa punya baju baru satu lemari penuh. Tapi baju baru tersebut seberapapun mahal harganya, tidak ada satupun yang akan dibawa pada saat kamu meninggal. Daripada kamu sibuk untuk memilih baju baru mana yang akan dibeli, lebih baik kamu refleksi dan melihat ke dalam hatimu, meminta Tuhan menyelidiki hati dan meminta Tuhan hati yang baru yang mengasihi Tuhan dan mau taat sama Tuhan. Mengambil waktu teduh untuk membuka hati, merenungkan firman Tuhan dan berdoa menjadi salah satu cara untuk Tuhan bisa memberikan hati yang baru kepadamu karena biar bagaimanapun hebat dan kerennya kamu di tampilan luar, Tuhan selalu melihat jauh ke dalam hatimu. Apakah hatimu sudah diperbaharui?

    1 Sam 16:7b Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

    hatibaru
    Gambar 1. Hati Yang Baru

    Ini mengingatkan kita akan sepenggal lirik lagu natal yang dinyanyikan oleh Wawan Yap dan Nikita:
    Seperti palungan,
    layakkanlah hatiku menyambut-MU Tuhan,
    seperti emas, kemenyan dan mur,
    biar hidupku berkenan pada-MU.

  2. Daripada makan-makan cantik dan mahal, lebih baik uangnya dipersembahkan kepada Tuhan.
    Sebab natal sesungguhnya akan terasa jauh lebih bermakna apabila kita bisa memberi lebih kepada Tuhan, untuk pekerjaan Tuhan. Bukan berarti hanya memberi persembahan hanya pada saat natal, tetapi menjadikan momen natal sebagai waktu untuk memberi lebih kepada Tuhan sebagai bentuk ucapan syukur karena Tuhan Yesus telah rela untuk lahir ke dalam dunia dan menebus dosa manusia. Sama seperti para orang majus yang memberikan persembahan ketika mereka melihat kelahiran Sang Juruselamat, memberikannya dengan penuh kerelaan dan ucapan syukur.

    Mat 2:11  Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

  3. Nonton film bioskop dengan tema natal emang seru dan rame, tapi lebih seru lagi kalau mengabarkan kabar sukacita natal kepada orang lain.
    missionary-insurance-istock-web
    Gambar 2. Membagikan Kabar Sukacita

    Biasanya kalau natal akan ada banyak film bioskop tentang natal dan hampir semuanya gak ada kaitannya dengan makna natal sesungguhnya tentang kabar kelahiran Juruselamat. Tapi, ada yang lebih seru lagi daripada hanya duduk dan menghabiskan waktu 2 jam di ruangan gelap, lebih baik kamu pergi ke orang-orang dan menceritakan tentang sukacita natal yang sesungguhnya kepada orang lain. Bahwa ada seorang bayi yang lahir ke dalam dunia, Tuhan Yesus Kristus lahir ke dalam dunia dengan satu tujuan, yaitu untuk menyelamatkan umat manusia. Seperti para malaikat yang memberitahukan kabar sukacita natal kepada para gembala.

    Luk 2:10-14 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.” Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

    Namun, tidak berhenti sampai disana, kabar sukacita dari malaikat Tuhan kepada para gembala juga disampaikan oleh gembala kepada orang-orang di sekitar sana.

    Luk 2:17-18 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.

    Pesan sukacita natal, kabar gembira untuk semua umat manusia. Adalah sebuah sukacita jika kabar tersebut bisa diperdengarkan kepada seluruh umat manusia dan Tuhan menghendaki supaya lebih banyak orang yang bisa melihat pengorbanan-Nya untuk menebus dosa manusia.

  4. Yang tidak kalah penting, pada saat natal juga harus kumpul sama keluarga.

    1126146p
    Gambar 3. Kumpul Keluarga

    Pas liburan natal, jangan pergi pagi pulang malem dan nongkrong-nongkrong aja. Momen natal harusnya bisa dipakai untuk berkumpul bersama keluarga, berdoa bersama, karena waktu-waktu kamu bersama keluarga adalah waktu-waktu yang berharga, jadi jangan sampai terlewatkan begitu saja.

  5. Jangan lupa beribadah kepada Tuhan.
    Beribadah kepada Tuhan bukan hanya di gereja dan ikut perayaan saja, tetapi juga beribadah di rumah, di kamar dalam kesendirian, berdua bersama Tuhan, berdoa, mengucap syukur, memuji dan menyembah Tuhan. Kembali lagi diingatkan akan kasih Tuhan yang dengan rela turun ke dunia dan mau mati di kayu salib. Momen natal hendaknya mengingatkan kita untuk hidup yang semakin dekat dengan Tuhan. Jika natal tidak mendekatkan kita dengan Tuhan, berarti ada yang salah dengan natal yang kita rayakan. Jika lagu diatas dilanjutkan, maka liriknya seperti berikut:

    WAKTU KECIL KITA MERINDUKAN NATALHADIAH YANG INDAH DAN MENAWAN
    NAMUN TAK MENYADARI SEORANG BAYI T’LAH LAHIR
    BAWA KES’LAMATAN ‘TUK MANUSIA

    KARENA KITA DIA MENDERITA
    KARENA KITA DIA DISALIBKAN
    AGAR DUNIA YANG HILANG DIS’LAMATKAN
    DARI HUKUMAN KEKAL

    WAKTU PUN BERLALU DAN KITA PUN TAHU
    ANUG’RAH YANG BESAR DARI BAPA
    YANG RELAKAN ANAK-NYA DISIKSA DAN DISALIBKAN
    DI BUKIT KALVARI KAR’NA KASIH

    T’LAH KUDAPATI JALAN KEHIDUPAN
    TATKALA KUBUKAKAN HATIKU BAGI DIA
    DALAM UCAPANKU, DALAM SEGALA HAL
    KU S’LALU MEMUJI DIA… PUJI DIA…

 

praying_hands_bible_table_actge7
Gambar 4. Jangan Lupa Beribadah

Biarlah natal yang dirayakan bukan sekedar menjadi rutinitas, tapi bisa menjadi momentum untuk mengalami perubahan hidup yang lebih baik. Buat yang belum bertobat, segera bertobat sebelum terlambat. Karena mungkin saja natal ini adalah natal terakhir di hidupmu. Natal harus berarti kelahiran Yesus dalam hatimu. Sama seperti lagu Nikita, natal tidak akan berarti tanpa kasih Tuhan yang lahir di hati kita.

Sebab natal tak akan berarti tanpa kasih-MU lahir di hatiku,
hanya bersama-MU Yesus kurasakan selalu indahnya natal di hatiku.

Sumber:
http://www.kidung.com/2009/12/07/lirik-chord-lagu-karena-kita-jeffry-s-tjandra/
http://www.liriklagukristiani.com/2012/12/natal-di-hatiku.html|
http://3.bp.blogspot.com/-YXSFWVX-Lik/UO-AhRO-YqI/AAAAAAAABGs/1qV5Ix_VlQU/s1600/hatibaru.jpg’
http://etv10news.com/etv10news/wp-content/uploads/2016/10/christmas-celebrations.jpg’
http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/08/01/1126146p.jpg’
http://expatfinancial.com/wp-content/uploads/2014/12/Missionary-Insurance-iStock-Web.jpg’
https://res-1.cloudinary.com/amn/image/upload/c_fit,f_auto,h_440,w_960/v1438560861/Praying_Hands_bible_table_actge7.jpg’
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s