My Name Is…

Kata orang, nama adalah doa. Tapi ada juga yang bilang kalo percaya kalimat itu, berarti percaya kalo koko crunch terjadi karena ada pesawat bawa cokelat yang tumpah ke ladang gandum. Itu jadi sebuah istilah yang tidak berlaku lagi di zaman sekarang. Kata orang, udah ketinggalan zaman, sekarang kalo ngasih nama anak, yang keren pokoknya dan bikin kegantengan atau kecantikan anak tersebut naik 50%. Beberapa waktu yang lalu ada berita heboh karena ada orang yang namanya tuhan, dan saiton. Well, kalo pake prinsip bahwa nama adalah doa, sepertinya agak berbahaya juga nama-nama yang seperti ini.

Tapi kalo gw pribadi cukup percaya sih kalau sebenernya nama itu adalah doa. Salah satu alasan gw percaya adalah karena nama gw keren. Sebenernya nama gw pasaran sih, coba aja googling, ada banyak banget yang namanya Stefanus, ada banyak yang namanya Setiawan, bahkan ada banyak yang namanya Stefanus Setiawan, sama persis, hanya nomor KTP lah yang membedakan kami. Tapi gw bangga dengan nama Stefanus Setiawan, nama gw punya arti yang mendalam dan sangat bagus. Nah, postingan kali ini akan mengulas mengenai arti nama gw, bukan buat narsis atau menyombongkan diri, tapi kalo kata orang “Musuh terbesar adalah diri sendiri.” Berarti salah satu cara terbaik menghadapi musuh terbesar adalah dengan mengenal diri sendiri. Doa gw semoga temen2 yang baca bisa terinspirasi dan mulai mencari arti dari namanya dan mulai memberikan nama kepada anak2nya, nama yang sekaligus adalah doa untuk anak tersebut. Oke, kita akan mulai sekarang.

Pertama, nama Stefanus. Stefanus adalah nama salah satu tokoh di alkitab yang karena kesetiaannya ikut Tuhan Yesus, dia harus menjadi martir. Banyak yang bilang dia adalah martir pertama, meninggal dunia karena ditimpuk batu. Kalo tanya ke orang Kristen, siapa Stefanus? Mereka pasti jawab “Itu yang mati ditimpuk batu.” Bener sih, gak salah, tapi tokoh Stefanus lebih dari sekedar itu. Pembahasan mengenai Stefanus di alkitab nanti akan ada di postingan lainnya karena bakalan panjang. Nah, sekarang lanjut dulu ke nama Stefanus. Kata Stefanus sendiri dalam bahasa Yunani ditulis στέφανος(jangan tanya gw itu apa, gw juga gak ngerti), dibaca stef’-an-os, nah ini nih artinya: a chaplet (as a badge of royalty, a prize in the public games or a symbol of honor generally; but more conspicuous and elaborate than the simple fillet). Masih bingung: oke mudahnya stef’-an-os itu artinya mahkota. Tapi ini bukan mahkota yang penuh berlian, terbuat dari emas, bukan yang gitu. Nih, gambar dari stefanos:

stephanos
Gambar 1. Stefanos

Jadi itu adalah mahkota yang diberikan untuk orang-orang yang menang di lomba olimpiade. Gampangnya, itu adalah mahkota kemenangan. Jadi, di alkitab ada dua jenis mahkota, yaitu stefanos dan diadema. Stefanos bisa disebut mahkota kemenangan, sementara diadema adalah mahkota kerajaan. Nah, kata stefanos sendiri lebih sering digunakan daripada diadema di dalam alkitab. Biar gak bingung, gw kasih satu contoh di ayat alkitab biar gw gak sesat:

Heb 2:9  Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai (στεφανόω, stef-an-o’-o) dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

Itu salah satu contohnya. Bahkan for your information, mahkota duri yang digunakan oleh Yesus juga diterjemahkan sebagai stefanos. Dan mahkota untuk orang-orang percaya juga diterjemahkan sebagai stefanos. Artinya, untuk mendapatkan mahkota tersebut, ada pertempuran, ada perlombaan yang perlu kita perjuangkan dan kita menangkan. Jadi, jangan harap dapet mahkota di surga nanti kalo di bumi kita gak pernah berjuang. Oke, jadi itu sedikit pembahasan mengenai arti dari nama Stefanus. Bagus kan? Makanya gw bangga dengan nama itu. Semoga bukan cuma jadi nama, tapi bisa bener-bener mendapatkannya kelak dan semoga temen-temen juga bisa mendapatkannya kelak.

Oke, nama kedua adalah Setiawan. Ini lebih sederhana, gak perlu pake bahasa Yunani atau Sansekerta atau bahasa lain. Nah, kalo setia udah jelas lah ya. Akhiran -wan sendiri pertama menandakan bahwa gw adalah laki-laki. Kalo gw perempuan, jadinya Setiawati, kalo gender gw gak jelas, mungkin jadinya Setiawani (gabungan wan dan wati). Tapi untungnya gender gw cukup jelas pas gw bayi, akhirnya dikasih nama Setiawan. Selain itu, -wan atau -wati itu sendiri bisa diartikan “orang yang”, sederhananya Setiawan adalah orang yang setia. Gw bangga dengan nama ini karena “setia” itu lebih keren daripada “baik”. Bahkan di alkitab dicatet juga lho.

Pro 20:6 Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?

Puji Tuhan nama gw Setiawan, dan bukan Baikwan. Kalo Baikwan nanti salah sebut jadi bakwan kan bahaya tuh nanti doanya berubah.

Dan entah kenapa, kedua arti nama gw ini sangat alkitabiah dan sangat nyambung satu sama lain. Karena pada akhirnya orang yang menerima stefanos adalah orang yang setia sampai akhir. Contohnya ada di ayat ini:

Rev 2:10b Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota (stefanos) kehidupan.

Sekali lagi, semoga ini bukan sekedar nama, tapi gw pribadi bisa menggenapi nama ini sesuai dengan doa orang tua gw ketika mereka memberikan nama ini sebagai doa buat hidup gw. Dan gw mendorong temen-temen buat juga mencoba untuk mencari tau arti dari nama yang diberikan oleh orang tua kalian. Dan buat yang akan punya anak, kalo mau memberi nama jangan sembarangan, tapi berikan nama yang punya arti karena nama adalah doa.

Sumber:
http://www.spiritandtruth.org/teaching/Book_of_Revelation/commentary/htm/topics/crowns.html
Gambar 1. http://2.bp.blogspot.com/-pjtU2pZX9RI/TWRMDo7K92I/AAAAAAAAA0A/V9-THHowcRU/s1600/stephanos.jpg

3 thoughts on “My Name Is…

Leave a Reply

